Anda Berada di halaman : Berita » SMAN 1 Pasuruan
 

Layanan Utama

Berita Foto

<a href='http://lppks.kemdikbud.go.id/berita_foto/129'>Pembukaan Diklat IN 1 Prov. Sumatera Barat</a> <a href='http://lppks.kemdikbud.go.id/berita_foto/130'>Peserta Diklat IN 1 Prov. Sumatera Barat</a> <a href='http://lppks.kemdikbud.go.id/berita_foto/131'>Pembukaan Diklat In Service Learning-2 Program PKB KS/M SMP Prov. Jatim Peserta Th. 2014</a> <a href='http://lppks.kemdikbud.go.id/berita_foto/133'>Peserta IN 1 Prov. Riau mengikuti Kegiatan Pembukaan</a> <a href='http://lppks.kemdikbud.go.id/berita_foto/134'>Kasi SI LPPKS menghadiri Pembukaan Kegiatan Diklat In 1 Prov. Riau</a>
Prev Next

Polling

Seberapa penting pelaksanaan Diklat Kepala Sekolah Pembelajar yang merupakan tindak lanjut hasil Uji Kompetensi Kepala Sekolah dalam upaya meningkatkan Kompetensi Kepala Sekolah?





SMAN 1 Pasuruan
Kategori : Profil Sekolah Oleh : administrator Ditulis : Jum'at, 02 Januari 2015 Hits : 459

SMA Negeri 1 Pasuruan (kerap dipanggil SMASA Pasuruan) terletak di Jalan Soekarno Hatta No.40 tepatnya di Kelurahan Karanganyar Kecamatan Panggungrejo Kota Pasuruan, di areal yang cukup strategis, di sebelah timur perempatan jalan utama Propinsi yang menunjukkan bahwa SMA Negeri 1 Pasuruan berada di posisi sentral dalam kajian spasial atau LQ (Location Quotient) yang representatif. Tataran Transaction Cost danInstitutional Cost SMA Negeri 1 Pasuruan memiliki keunggulan komparatif lokasional dalam Urban Development Project kontemporer yang tengah terjadi saat ini dalam hal pemilihan wilayah pembangunan yang  mengacu pada beberapa faktor, misalnya : pemahaman akan central point, ramah lingkungan, biaya rendah, ekonomi konsentrasi, low transaction dan institutional costs, yang intinya menghendaki adanya minimalisasi biaya. SMA Negeri 1 Pasuruan juga bisa dijangkau hanya dengan satu kendaraan saja (one-way direction), baik dengan menggunakan angkutan kota maupun angkutan umum lainnya (bagi mereka yang berada di luar batas kota Pasuruan). Selain itu, SMA Negeri 1 Pasuruan juga cukup mendapat respon positif dari para siswa yang berasal dari luar Kota Pasuruan. Hal ini terbukti dengan banyaknya lulusan SMP atau yang sederajat dari luar Kota Pasuruan berlomba-lomba untuk bisa masuk ke SMA Negeri 1 Pasuruan. Citra favoritisme telah membuat SMA Negeri 1 Pasuruan menjadi “the old and the loved” (yang lama dan yang dicintai). 

Disamping aspek lokasional yang cukup representatif, faktor SDM (Sumber Daya Manusia) yang kondusif juga tidak kalah penting dalam mendukung proses pembelajaran. Adapun pembentukan citra kolosal ini didasarkan pada dua kompetensi umum, yaitu akademis dan non-akademis. Untuk kategori akademis, SMA Negeri 1 Pasuruan mampu menjadi "jawara" dalam setiap lomba/olimpiade baik dalam tingkat kota, propinsi maupun nasional.

Image


SMA Negeri 1 Pasuruan juga memiliki keunggulan aspek non-akademis yang juga menjadi kebanggaan lain. Prestasi non-akademis, dalam bentuk kegiatan "Ekskul" yang merupakan faktor pendukung reputasi sekolah, juga mulai tumbuh dengan pesat seiring dengan prestasi yang telah diraihnya. Adapun prestasi non-akademis ini meliputi kegiatan KIR (Karya Ilmiah Remaja), MADING (Majalah Dinding), TEATER,  Olahraga, RELA, dan Debat Bahasa Inggris. Prestasi untuk cabang kegiatan KIR misalnya, sampai ke tingkat Nasional.

Image

 

Sarana dan Prasarana representatif pendukung yang dimiliki Smasa Pasuruan antara lain :

1. Ruang guru

2. Ruang kelas

3. Laboratorium Fisika

4. Laboratorium Biologi

5. Laboratorium Komputer

6. Perpustakaan

7. Musholah

8. Kantin Sekolah

9. Lapangan Olah Raga

10. Taman dan Ruang terbuka hijau

11. Green House dan Tanaman Obat Keluarga

12. Sangkar burung

13. Kamar kecil siswa

sumber: click here