Penyusunan Instrumen Analisis Kebutuhan Diklat Peningkatan Kompetensi Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) dalam Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah

Penyusunan Instrumen Analisis Kebutuhan Diklat Peningkatan Kompetensi Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) dalam Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah.

Kegiatan tersebut dilaksanakan tanggal 11 s.d. 14 Februari 2020 bertempat di LPPKSPS. Dengan tujuan untuk menyusun instrumen yang akan digunakan untuk melakukan analisis kebutuhan diklat kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensinya dibidang teknologi informasi dan komunikasi dalam menunjang tugas supervisinya.

Saat ini dunia sedang memasuki generasi teknologi 4.0, dimana teknologi informasi masuk secara massif disisi kehidupan masyarakat. Semua aktifitas manusia tidak lepas adanya campur tangan teknologi. Hal tersebut berimbas juga dibidang pendidikan, dengan adanya era teknologi 4.0 ini, pendidikan semakin mudah dikembangkan dalam semua sisi aktifitas manusia. Teknologi berkembang sangat pesat, yang menuntut manusia mencermati dengan seksama dan beradaptasi dengan cepat. Dalam menyikapi perkembangan teknologi, jika kita tidak memperbarui/update informasi, pasti akan tertinggal oleh kompetitor. Dalam dunia pendidikan berlaku juga hal demikian, ketika tidak meng-update dan memanfaatkan teknologi yang ada/terbaru, maka pendidikan kita akan tertinggal oleh pendidikan di Negara lain. Kepala sekolah yang memiliki tugas dan fungsi manajerial dan supervisi harus bisa memanfaatkan teknologi yang ada guna memaksimalkan tugas dan fungsinya.

Ratna Juwita (2018:9) menemukan bahwa kemampuan awal rata-rata kompetensi manajerial calon kepala sekolah berada dalam kategori sedang (2,8). Dua indikator terendah dari kompetensi manajerial kandidat utama adalah penguasaan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dan pelaksanaan pemantauan dan evaluasi. Nursyifa, Aulia. (2019) menemukan bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah yang tranformasi yang demokratis mengikuti perubahan, berbagai pengetahuan serta keterampilan kepala sekolah di era revolusi industry 4.0 perlu untuk diperkuat terutama dalam keterampilan menggunakan teknologi dan kompetensi kewirausahaan. Dari dua hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa kemampuan kepala sekolah yang harus ditingkatkan untuk menghadapi era teknologi 4.0 adalah kemampuan teknologi informasi dan Komunikasi (TIK).

Berdasarkan pengalaman dari pelaksanaan Diklat Penguatan Kepala Sekolah, kemampuan TIK Kepala sekolah juga masih kurang, karena banyak peserta yang masih kesulitan mengerjakan lembar kerja. Hasil pekerjaan peserta banyak yang tidak rapi dan tidak bisa upload di gogle drive. Peserta masih kesulitan menggunakan email, maupun pengiriman dokumen lewat media lain seperti Whatsapp dokumen.

Berkaitan dengan hal tersebut, LPPKS sebagai lembaga yang salah satu fungsinya mengembangkan kompetensi kepala sekolah berkewajiban untuk mengembangkan kompetensi dalam bidang teknologi informasi yang menunjang fungsi supervisi dalam mengelola sekolah. Untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan kepala sekolah dalam mengembangkan kemampuanya di bidang tekonologi informasi dan komunikasi yang dapat menunjang tugasnya dibidang supervisi. Sabagai langkah awal kegiatan analisis kebutuhan diklat Peningkatan Kompetensi TIK dalam Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah adalah penyusunan instrumen analisis kebutuhan diklat Peningkatan Kompetensi TIK dalam Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah.

Share this Post: