Penyusunan Pedoman Best Practise dan Penilaian Uji Kompetensi Kepala Sekolah (UKKS)

Penyusunan Pedoman Best Practise dan Penilaian Uji Kompetensi Kepala Sekolah (UKKS)

Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 11 s.d. 13 Februari 2020 bertempat di LPPKSPS, dengan tujuan untuk Menyusun Pedoman Best Pracise dan Penilaian Uji Kompetensi Kepala Sekolah (UKKS) sebagai acuan dasar tim Penguji untuk menguji dan menilai Best Practise peserta Uji Kompetensi Kepala Sekolah sehingga diharapkan terdapat perbaikan bentuk sistematika Best Practise dan penilaiannya. .
Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 6 Tahun 2018, penugasan kepala sekolah pada satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah termasuk di daerah khusus dilaksanakan dengan periodisasi. Periodisasi tersebut dilaksanakan dalam kurun waktu 4 (empat) tahun. Setelah menyelesaikan tugas pada periode pertama, kepala sekolah dapat diperpanjang penugasannya paling banyak 3 (tiga) kali masa periode atau paling lama 12 (dua belas) tahun.

Selama penugasan, kepala sekolah akan dinilai prestasi kerjanya. Penilaian prestasi kerja kepala sekolah dilaksanakan satu tahun sekali (penilaian tahunan) sesuai dengan Tahun Anggaran. Penilaian dilaksanakan pada akhir tahun pertama sampai dengan akhir tahun ke empat masa tugasnya sebagai kepala sekolah. Hasil penilaian setiap tahun digunakan sebagai dasar untuk menentukan penugasan seorang kepala sekolah dapat diperpanjang atau dihentikan. Jika hasil penilaian prestasi kerja kepala sekolah setiap tahun memperoleh hasil penilaian dengan sebutan minimal "Baik" maka dapat diperpanjang masa penugasannya untuk periode kedua dan/atau ketiga. Kepala sekolah yang hasil penilaiannya tidak mencapai sebutan minimal "Baik" tidak dapat diperpanjang masa tugasnya, dan kepala sekolah yang bersangkutan dapat ditugaskan kembali menjadi guru.

Metode Uji Kompetensi salah satunya adalah Penyusunan laporan Best Practise. Untuk menilai Best Practise diperlukan standarisasi yang baku untuk mempermudah tim penguji dalam menilai.

Share this Post: