Simposium Nasional (09 Desember 2019)

 

SIMPOSIUM NASIONAL 9 DESEMBER 2019

 

Tujuan

Tujuan diselenggarakan Simposium Nasional Tahun 2019 adalah sebagai berikut.

  1. Memotivasi akademisi dan praktisi khususnya kepala sekolah dan pengawas sekolah dalam berkarier;
  2. Meningkatkan kemampuan akademisi dan praktisi khususnya kepala sekolah dan pengawas sekolah dalam menulis karya ilmiah;
  3. Mendiseminasikan gagasan inovatif, pengalaman terbaik, atau hasil penelitian.

 

Sasaran

Sasaran Simposium Nasional Tahun 2019 adalah Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, Widyaiswara, Akademisi, dan Praktisi di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

 

Tema

“Pengembangan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah di Era Revolusi 4.0”

 

Ketentuan Abstrak

Abstrak memuat: Pendahuluan, Tujuan Penelitian, Masalah yang diteliti, dan Hipotesis (jika ada), Deskripsi metode penelitian, serta ringkasan temuan dan implikasi, rekomendasi atau tindak lanjut. Abstrak kurang dari 250 kata.

 

Persyaratan Artikel

  1. Artikel sesuai dengan tema;
  2. Hasil karya sendiri (asli) disertai pernyataan keaslian naskah bermeterai (contoh format unduh pada tautan berikut https://drive.google.com/file/d/1-HvT-UAu9StWY1lD-pQs5CDbnmqG99Tw/view?usp=sharing);
  3. Belum pernah diseminarkan dan dipublikasikan, serta tidak sedang dalam proses reviu oleh editor jurnal atau media publikasi lainnya;
  4. Memiliki similarity maksimal 30%;
  5. Jumlah halaman artikel 8-10 halaman atau maksimal 5000 kata, termasuk abstrak dan daftar referensi.
  6. Penulisan artikel menggunakan bahasa Indonesia secara benar dan baik (sesuai PUEBI).
  7. Menggunakan  program  Windows  Microsoft Word tahun 2003 ke atas, kertas ukuran A4, diketik 1,5 spasi, tipe huruf Times New Roman, font size 12, margin atas dan kiri 4 cm, bawah dan kanan 4 cm.
  8. Artikel  disimpan  dengan  nama  file:  nama  penulis_kota/kabupaten tempat tinggal. Contoh: seorang penulis bernama Andi Firmansyah berdomisili di Kabupaten Kudus, maka nama filenya adalah: andi firmansyah_kudus
  9. Sitasi dan Referensi, diusahakan paling banyak dari sumber primer (jurnal) 10 tahun terakhir, sumber primer (buku) 10 tahun terakhir (kecuali untuk buku-buku utama) dan hanya mencantumkan sumber yang dirujuk di dalam batang tubuh artikel. Sebaliknya, nama yang dirujuk dalam batang tubuh harus ada dalam daftar referensi.
  10. Sitasi dan Referensi menggunakan format APA 6th Edition.

 

Sistematika Penulisan

Artikel Hasil Penelitian

1) Judul: ditulis dengan singkat padat dan huruf kapital, maksimal 15 kata, font 14, cetak tebal, Huruf Times New Roman, spasi tunggal, dan harus mencerminkan tema yang diuraikan pada batang tubuh artikel.

2) Nama Penulis: ditulis tanpa gelar, terletak di bawah judul; artikel yang berasal dari penelitian kelompok maksimal 3 orang, semua anggota harus dicantumkan.

3) Nama Lembaga: ditulis nama sekolah dan kota/kabupaten, serta provinsi, terletak di bawah nama penulis.

4) Alamat E-mail: alamat e-mail terletak di bawah nama lembaga; jika penulis lebih dari seorang, alamat e-mail yang dicantumkan adalah milik penulis urutan pertama.

5) Abstrak: ditulis block style, dalam bahasa Indonesia,   satu alinea dengan panjang maksimal 250 kata, font 11, Huruf Times New Roman, spasi tunggal. Abstrak mendeskripsikan permasalahan, tujuan, metode, hasil dan simpulan.

6) Kata Kunci: diisi kata atau frase yang mencerminkan esensi konsep dalam cakupan permasalahan, terdiri atas tiga sampai lima kata/frase. Kata kunci ditulis di bawah abstrak dengan spasi ganda dan dicetak miring, antar kata dipisahkan dengan tanda titik koma.

7) Batang Tubuh Artikel: terdiri atas pendahuluan (30%), metode (15%), hasil dan pembahasan (45%), serta simpulan (10%).

a) Pendahuluan, berisi latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, dan kajian pustaka mutakhir.

b) Metode,  berisi  desain  penelitian,  subjek  penelitian,  teknik  pengumpulan  data, instrumen pengumpulan data, dan  teknik analisis data.

c) Hasil dan Pembahasan, menguraikan hasil penelitian, menguraikan pembahasan yang berisi rasionalisasi hasil temuan penelitian, perbandingan antara temuan penelitian  dengan  temuan  penelitian  sebelumnya dan  atau teori    yang  relevan untuk menentukan positioning/ novelty/state of the art/kebaruan penelitian. Pembahasan harus dilengkapi dengan rujukan dari referensi/sumber primer dan mutakhir.

d) Simpulan, berisi intisari hasil/temuan penelitian dan rekomendasi/saran (apabila ada).

 

Artikel Hasil Best-Practice

1)  Judul: ditulis dengan singkat padat dan huruf kapital, maksimal 15 kata, font 14, cetak tebal, Huruf Times New Roman, spasi tunggal, dan harus mencerminkan tema yang diuraikan pada batang tubuh artikel.

2)  Nama Penulis: ditulis tanpa gelar, terletak di bawah judul.

3)  Nama Lembaga: ditulis nama sekolah dan kota/kabupaten, serta provinsi, terletak di bawah nama penulis.

4)  Alamat E-mail: alamat e-mail terletak di bawah nama lembaga.

5) Abstrak: ditulis block style, dalam bahasa Indonesia, satu alinea dengan panjang maksimal 250 kata, font 11, Huruf Times New Roman, spasi tunggal. Abstrak mendeskripsikan permasalahan, tujuan, metode, hasil dan simpulan.

6)  Kata Kunci:  diisi  kata  atau  frase  yang  mencerminkan  esensi  konsep  dalam cakupan permasalahan, terdiri atas tiga sampai lima kata/frase. Kata kunci ditulis dibawah abstrak dengan spasi ganda dan dicetak miring, antar kata dipisahkan dengan tanda titik koma.

7) Batang Tubuh Artikel: Artikel terdiri atas pendahuluan (maksimal 20%), kajian pustaka (20%), metode (10%), hasil dan pembahasan (40%), serta simpulan (10%).

a) Pendahuluan, berisi latar belakang masalah, identifikasi dan rumusan masalah, tujuan, dan manfaat.

b) Kajian Pustaka, berisi teori, kebijakan, pedoman  dan/atau  praktik  yang dijadikan rujukan dalam menyelesaikan masalah.

c) Metode, berisi tentang  prosedur  dan  perangkat  atau  instrumen,  dan  cara pemecahan masalah.

d) Hasil dan Pembahasan, berisi penyajian dan analisis data mencakup keadaan awal, proses, dan hasil akhir yang diperoleh dari hasil pelaksanaan serta dampaknya bagi komunitas sekolah. Pembahasan berisi analisis dan tahapan penyelesaian masalah yang menghasilkan solusi terbaik.

e) Simpulan, berisi intisari hasil best practice dan rekomendasi/saran (apabila ada).

 

Artikel Hasil Kajian

1) Judul: ditulis dengan singkat padat dan huruf kapital, maksimal 15 kata, font 14, cetak tebal, Huruf Times New Roman, spasi tunggal, dan harus mencerminkan tema yang diuraikan pada batang tubuh artikel.

2) Nama Penulis: ditulis tanpa gelar, terletak di bawah judul.

3) Nama Lembaga: ditulis nama sekolah dan kota/kabupaten, serta provinsi, terletak di bawah nama penulis.

4)  Alamat E-mail: alamat e-mail terletak di bawah nama lembaga.

5) Abstrak: ditulis block style, dalam bahasa Indonesia, satu alinea dengan panjang maksimal 250 kata, font 11, Huruf Times New Roman, spasi tunggal. Abstrak mendeskripsikan permasalahan, tujuan, metode, hasil dan simpulan.

6)  Kata Kunci:  diisi kata atau  frase  yang  mencerminkan  esensi  konsep  dalam cakupan permasalahan, terdiri atas tiga sampai lima kata/frase. Kata kunci ditulis dibawah abstrak dengan spasi ganda dan dicetak miring, antar kata dipisahkan dengan tanda titik koma.

7)  Batang Tubuh Artikel: Artikel terdiri atas pendahuluan (maksimal 20%), kajian pustaka (20%), metode (10%), hasil dan pembahasan (40%), serta simpulan (10%).

a. Pendahuluan, berisi latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan, manfaat,dan prosedur atau cara pemecahan masalah.

b. Kajian Pustaka, berisi teori, kebijakan, pedoman dan/atau praktik yang dijadikan rujukan dalam menyelesaikan masalah.

c. Hasil dan Pembahasan, berisi uraian ide/pemikiran, konsep, temuan baru dan/atau hasil perbandingan temuan penelitian/kajian yang relevan.

d. Simpulan, berisi intisari hasil kajian dan rekomendasi/saran (apabila ada).

 

Pelaksanaan

Waktu dan Tempat: Senin, 9 Desember 2019 di LPPKS

 

Keynote Speaker, Pemrasaran Utama, dan Pemrasaran

  1. Keynote Speaker Simposium Nasional Tahun 2019 adalah Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Direktorat   Jenderal   Guru   dan   Tenaga   Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  2. Pemrasaran Utama Simposium Nasional Tahun 2019 adalah Direktur Pembinaan Tenaga Kependidikan KEMDIKBUD, Direktur Pembinaan Guru Pendidikan Dasar KEMDIKBUD, Staf Ahli Menteri KEMDIKBUD, dan Kepala Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah KEMDIKBUD.
  3. Pemrasaran Simposium Nasional Tahun 2019 adalah Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, Widyaiswara, Praktisi dan Akademisi di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang artikelnya lolos seleksi similarity, sitasi, dan dinyatakan layak oleh reviewer untuk dipresentasikan atau disajikan dalam bentuk poster pada simposium nasional.

 

Mekanisme Pelaksanaan

  1. Calon Peserta mengirimkan abstract yang sesuai dengan tema ke email: lppks@kemdikbud.go.id, maksimal tanggal 20 November 2019
  2. Tim Penilai melakukan seleksi terhadap abstract. Pengumuman abstract akan diumumkan tanggal 25 November 2019 melalui website dan media social LPPKS
  3. Pengumpulan makalah yang abstract nya telah dinyatakan lolos maksimal tanggal 5 Desember 2019
  4. Pelaksanaan Simposium Nasional, tanggal 9 Desember 2019
  5. Umpan balik makalah maksimal tanggal 23 Desember 2019
  6. Pegumpulan makalah yang telah direvisi maksimal tanggal 10 Januari 2019

Share this Post: