Tanoto Foundation dan LPPKS Bangun Sinergi Kembangkan Sekolah Praktik yang Baik dan LPPKS Bangun Sinergi Kembangkan Sekolah Praktik yang Baik

Karanganyar – Kepala Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) Prof. Dr. Nunuk Suryani, M. Pd.  menerima kunjungan dari lembaga filantropi Tanoto Foundation program Pelita Pendidikan, Kamis (2/8) di LPPKS Karangnyar. Dalam kesempatan itu, Tanoto Foundation yang diwakili oleh Koordinator Provinsi Jawa Tengah Dr. Nurkolis, MM., memberikan apresiasi kepada LPPKS yang telah memberikan berbagai perubahan paradigma dan pembekalan pada kepala sekolah dan calon kepala sekolah di Indonesia.

Pada kesempatan itu, Tanoto Foundation ingin membangun kerja sama dalam peningkatan mutu pendidikan dasar khususnya dalam pengembangan manajemen sekolah yang partisipatif, akuntabel, dan transparan yang melibatkan seluruh elemen sekolah.

“Tanoto Foundation sebagai lembaga filantropi keluarga Tanoto memiliki fokus yang sama dengan LPPKS untuk meningkatkan sumber daya manusia, salah satunya melalui peningkatan kualitas pendidikan. Tanoto Foundation menyadari bahwa kepala sekolah merupakan tokoh kunci di sekolah, karena itu, kami berkoordinasi dengan LPPKS tentang peran kepala sekolah dalam mengembangkan sekolah yang menerapkan praktik-praktik baik dalam pembelajaran, manajemen sekolah, dan budaya baca,” jelas Nurkolis, doktor dalam bidang manajemen pendidikan tersebut.

Mulai tahun 2018, Tanoto Foundation bekerja di 5 provinsi, Sumatera Utara, Riau, Jambi, Kalimantan Timur, dan Jawa Tengah dengan fokus kegiatan pada peningkatan kualitas guru, peningkatan kepemimpinan kepala sekolah, dan penguatan pendidikan calon guru. Sebagai bagian dari peningkatan mutu pendidikan dasar di Indonesia, berbagai program yang selaras dengan program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) disusun dan dikemas dalam program Pelita Pendidikan.

Kepala LPPKS Kemendikbud Prof. Dr. Nunuk Suryani, M. Pd.,  menyampaikan siap bekerja sama dengan Tanoto Foundation Program Pelita Pendidikan. LPPKS sebagai lembaga di Kemendikbud yang memiliki berbagai program penyiapan, pengembangan dan pemberdayaan kepala sekolah, serta peningkatan kompetensi kepala sekolah memiliki berbagai modul dan sumber daya yang mumpuni. Oleh karena itu, bila ada pihak lain yang ingin membantu dalam penguatan sekolah, LPPKS akan menyambut dengan tangan terbuka.

“Salah satu program dari Tanoto Foundation program Pelita Pendidikan adalah penyiapan dan penguatan manajemen, terutama pada kepala sekolah dan pengawas sekolah. LPPKS telah memiliki berbagai struktur program untuk pengembangan, begitu juga dengan Pelita Pendidikan. Bila diperlukan kita bisa saling menguatkan, sharing sumber daya dari LPPKS, atau melakukan evaluasi dan membuat solusi bersama tentang pengembangan program di lapangan,” kata Prof. Nunuk Suryani usai pertemuan.

Sinergisitas antar kelembagaan ini merupakan kerjasama yang saling menguatkan sebagai bagian yang tak terpisahkan dari kerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama dan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.  Kerja sama ini akan menguatkan sektor pendidikan dasar.

Dalam mengembangkan berbagai programnya, Tanoto Foundation program Pelita Pendidikan mengusung konsep pengembangan sekolah secara secara menyeluruh (whole school development). Dalam konsep ini, seluruh elemen sekolah baik guru, kepala sekolah, komite dan pengawas dilatih secara  komprehensif untuk bersama-sama melakukan perubahan positif perbaikan peningkatan kualitas sekolah menuju sekolah praktik yang baik.

 

oleh:

Tanoto Foundation

Share this Post: