Yuli Cahyono, Widyaiswara Senior LPPKS:

Menulis...menulis...dan menulis. Itulah yang saat ini sedang digeluti oleh salah seorang widyaiswara senior LPPKS. Yuli Cahyono, pria yang sudah berkecimpung di dunia kediklatan cukup lama, sejak sebelum turut membidani lahirnya LPPKS, sekitar tahun 2009. Sebelumnya ia adalah widyaiswara PPPPTK Bisnis Pariwisata, Sawangan Jawa Barat.

Keinginan untuk menulis buku sudah menjadi obsesinya sejak lama, dan pernah dijalaninya sekian puluh tahun ketika masih menjadi guru. Kini keinginan tersebut muncul kembali. Apa yang ia lakukan sejak menjadi widyaiswara LPPKS dengan segala macam permasalahannya sudah menumpuk dalam benaknya. Itu juga yang menjadi bahan dan modal untuk menulis buku. Tentu saja, dari pemikiran-pemikiran yang sudah menumpuk, ia imbangi juga dengan banyak membaca. Karena membaca dan menulis adalah salah satu cara untuk selalu melatih otak bekerja sehingga tak mudah terjangkiti penyakit pikun.

Dalam kejenuhan dan kesibukannya keliling Indonesia dalam rangka diklat calon kepala sekolah, ia hilangkan rasa itu dengan menulis. Kira-kira tiga bulan ia fokus menulis, lalu jadilah dua judul buku tentang kediklatan yang ia jalani selama ini. Sebuah keinginan yang sudah lama dipendam. Setelah melalui proses pemilihan judul yang cukup panjang, dan masukan dari Kepala LPPKS (saat itu, ketika peralihan kepala LPPKS dari yang lama yang lama kepada kepala LPPKS yang baru, yaitu Prof. DR. Siswandari. M.Stats.). Judul buku tersebut adalah:

1. MENAPAKI POTENSI KEPEMIMPINAN CALON KEPALA SEKOLAH/MADRASAH

Buku ini membahas, tentang bagaimana mendidik dan melatih kepemimpinan seorang kepala sekolah/madrasah supaya amanah, berjiwa wira usaha dan profesional? Jawabannya ada di buku ini. Pertanyaannya adalah bukan soal mengapa dan apa? Tapi bagimana? Kalau yang masih berupa konsep dan teori banyak buku yang sudah membahasnya. Tapi, tidak banyak buku yang mengupas tentang kepemimpinan, apalagi dari sisi potensi dan teknis kepemimpinan. Buku ini membahas kepemimpinan dari dua sisi yang paling sulit sudut pandangnya itu. Dengan penjelasan yang tertata dengan baik dan gambaran yang detil.

2. TIPS OJL BAGI PESERTA DIKLAT CALON KEPALA SEKOLAH/MADRASAH

Buku ini mengulas bagaimana proses pembentukan calon kepala sekolah/madrasah di tahap On the Job Learning (OJL)? Membahas dengan detil, prosesnya dari hari ke hari. Bagaimana upaya yang harus dilakukan oleh calon kepala sekolah/madrasah demi menyempurnakan kreasi mental dan kreasi fisik mereka. Gambaran detinya diurai dengan bahasa sehari hari yang lugas dan penuh inspirasi bagi siapapun yang membacanya. Ada puluhan tips untuk para calon kepala sekolah/madrasah.

Cetakan pertama kedua buku tersebut telah beredar bulan Juli 2017. Saat ini sedang dipersiapkan proses cetak yang kedua. Karena dalam waktu tak lebih dari tiga bulan, kedua buku tersebut sudah kehabisan persediaannya. Untuk sementara penjualan buku belum merambah ke toko buku, hanya tersedia di koperasi LPPKS, dan ketika ada pelaksanaan diklat. Ke depan akan masuk ke gerai-gerai toko buku dan penjualan secara online.

PENGUATAN KARAKTER adalah tema buku ke tiga tulisan Yuli Cahyono. Revolusi mental, Penguatan karakter bangsa di semua jenjang pendidikan dan generasi baru yang lebih baik di masa depan. Hanya pendidikan yang bisa membentuknya. Pertanyaannya adalah bagaimana caranya? Apa yang harus dilakukan? Buku ini yang bisa mengupasnya secara detil dan akurat dengan pengalaman implementasi yang sudah teruji selama 5 tahun di LPPKS, Karanganyar. Buku monumental yang akan banyak menyadarkan publik dan pendidik bagaimana menghargai pendidikan secara seimbang dan bukan menomorsekiankan pendidikan dalam kancah pembangunan bangsa. Sebuah rekayasa metodologis kediklatan yang seru dan mengasyikan diurai dalam bentuk kajian metodologi kediklatan yang mengedepankan efektifitas dan presisi sebuah metode  terhadap tujuan kediklatan sebagai mata pisau analisisnya. Rencana buku ini akan siap terbit akhir Oktober 2017. Saat ini sedang dalam proses produksi.

Dengan terbitnya buku tersebut dan akan disusul dengan buku-buku lainnya tulisan Yuli Cahyono, diharapkan para widyaiswara di lingkungan LPPKS akan terpacu dan termotivasi juga untuk menulis buku. Widyaiswara LPPKS lain yang sudah menulis buku dan sudah habis beredar adalah buku tulisan Dian Fajarwati, masih seputar kepemimpinan dan pendidikan. Tidak ada kata terlambat untuk menulis! Tak ada kata pensiun untuk menulis! Menulislah selagi bisa! (nh/admin)

Share this Post: